SI Riset dan Pengabdian Masyarakat

Panggilan Singkat: 
SIRIP

1.1 Sekilas Pandang Sains, ilmuwan, riset dan pendidikan merupakan hal yang sangat berkaitan erat.Aktivitas riset di Universitas merupakan tulang punggung pengembangan keilmuan, baik dalam lingkup lokal maupun global.Hal tersebut merupakan kerja akademis yang berorientasi pada investasi jangka panjang.Dalam Pengembangan riset saat ini dihadapkan pada suatu tantangan yang menghadang di depan mata yaitu globalisasi.Kompetisi yang bekerja secara global memaksa Universitas memacu kegiatan riset oleh sumber daya yang dimilikinya. Sebab, kuantitas dan kualitas riset sekarang menjadi ukuran penting bagi akreditas Universitas dimata Internasional.

Universitas Indonesia melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) berusaha mewujudakan pencapaian visi UI yang diakui sebagai Universitas riset yang merupakan pusat unggulan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. 1.2 Latar Belakang Permasalahan DRPM UI merupakan unit pelaksana manajemen yang memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan riset dan pengabdian sivitas akademik UI kepada masyarakat.Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang handal untuk mengefektifkan dan mengefesiensikan proses pelaksanaan riset.Selama ini pihak DRPM dalam memberikan pelayanan kepada para periset baik periset dari UI maupun dari luar UI dilakukan langsung melalui kantor DRPM.Akan tetapi hal tersebut dirasakan kurang efektif dan efisien karena untuk para periset setiap saat harus mendatangi kantor DRPM untuk memenuhi kewajiban administratif.Dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengakomodasikan semua proses bisnis yang terjadi antara fasilitator (DRPM) dengan peneliti-peneliti. Untuk dapat menerapkan sebuah sistem informasi yang menyeluruh tersebut, dibutuhkan sebuah analisa mendalam mengenai kebutuhan yang diperlukan.

1.3 Tujuan Proyek Tujuan dari proyek ini adalah untuk mendukung kelancaran proses riset dan dalam upaya peningkatan layanan DRPM kepada peneliti maka sekarang ini telah dikembangkan sistem informasi yang handal yaitu Sistem Informasi Riset dan Pengabdian Masyarakat (SIRIP).

Sistem tersebut akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Tertib administrasi, seluruh data tercatat dengan baik, proses pengelolaan data cepat dan terpusat.

2. Pelayanan kepada para peneliti yang berhubungan dengan kewajiban administratif dapat dilakukan secara online.

3. Pengelolaan data dan informasi yang lebih efektif dan efisien .

4. Memiliki kesesuaian rancangan dan fasilitas untuk berinteraksi secara transparan dengan subsistem- subsistem lain dalam sistem informasi Universitas Indonesia.

1.4 Ruang Lingkup Sistem Informasi Riset dan Pengabdian Masyarakat yang dikembangkan saat ini akan digunakan untuk membantu kelancaran proses bisnis kegiatan riset para peneliti yang berasal dari UI maupun dari luar UI.

Selain itu sistem tersebut juga berhubungan dengan sistem lain yang dimiliki oleh universitas yaitu sistem kepegawaian dan sistem informasi eksekutif Link Website : http://sirip.ui.ac.id/drpm/