Anti Virus

Menghapus Virus (Windows)

Jika computer anda sudah terkena infeksi virus, PPSI merekomendasi anda mencetak dan mengikuti petunjuk ini. Bagian A akan membantu anda untuk mengidentifikasi level umum security di komputer anda dan file apa yang perlu anda download. Bagian B akan membantu anda bagaiman menginstall dan menjalankan program antivirus.

Virus baru selalu tercipta setiap hari. Ini membuat para vendor butuh waktu dalam membuat solusi untuk virus yang baru. Untuk alasan ini , kita tidak menggaransikan langkah-langkah dibawah ini akan sukses menghapus semua virus di computer anda.

Bagian A : Evaluasi Security dan Download File

1. Update dari Sistem Operasi

Windows secara berkala mengeluarkan update security untuk mengkoreksi kekurangan security sebelumnya. Dimulai dari meyakinkan bahwa anda telah mempunyai semua security yang telah dirilis oleh system operasi anda.

  • jika terhubung dengan internet , anda bisa mendownload hal-hal yang diperlukan dalam Windows Security update di http://windowsupdate.microsoft.com menggunakan internet explorer. Anda bisa melihat website ini dalam jangka waktu tertentu untuk mendownload semua update yang penting.
  • Jika tidak terhubung dengan internet, atau PPSI memblok komputer anda karena virus, anda bisa mendownloadnya di komputer lain, lalu memindahkannya ke computer yang terinfeksi.

2. Software antivirus

Cek computer anda untuk melihat apakah komputer anda sudah mempunyai program antivirus. Jika anda tidak mempunyai program antivirus, atua updatenya tidak tersedia di antivirus yang sudah ada, anda bisa mendownload program Symantec antivirus dari halaman download software

3. Update Virus

Beberapa anti virus program sudah mempunyai metode untuk pengecekkan antivirus. Jika menerima pesan bahwa antivirus anda sudah kadarluasa, anda akan memperbaharui antivirus atau menginstall antivirus yang baru. Untuk mengupdate Symantec virus definition, lihat halaman Symantec\'s virus definitions

Untuk mengecek apakah anda sudah mempunyai antivirus update yang terbaru , ikuti petunjuk dibawah ini

a. Dari menu start click All Programs
b. Pilih Symantec Client Security dan click Symantec antivirus
c. Lokasi Virus Definition adalah di kanan bawah . Versinya terlihat dari tanggal terakhir anda mengupdate.



d. Symantec antivirus mengeluarkan update sekurang-kurangnya 1 minggu 2 kali. Jika anda terlambat mengupdate antivirus anda lebih dari 2 hari, PPSI menyarankan agar anda segera mengupdatenya.

Bagian B : Menginstall dan Menjalankan Software

1. Menginstall Software yang Sudah di Download

Install software yang sudah ada download di bagian A. Yakinkan anda sudah menginstall antivirus sebelum menginstall update virus definitions.

2. Merestart computer di safe mode

Windows adalah sistem operasi yang disebut dengan safe mode, yang menonaktifkan perangkat dan memungkinkan mejalankan beberapa modul executable. Klik salah satu link dibawah ini untuk merestart computer anda dan membuatnya dalam safe mode :

Windows Vista in Safe Mode
Windows XP in Safe Mode

3. Melakukan scan Virus

Jika anda tidah melihat ikon Symantec setelah anda melakukan safe mode, mulai melakukan scan secara manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

a. Klik Start lalu All Programs
b. Pilih Symantec Client Security dan klik Symantec antivirus
c. Dibawah Scan Selection, pilih Scan computer .
d. Pilih drive yang akan anda scan dan klik tombol scan.

Catatan : Lama melakukan scan bervariasi bisa hanya beberapa menit atau mungkin sampai lebih dari 1 jam, tergantung dari seberapa cepatnya komputer anda dan berapa banyak file yang anda punya. Jika program antivirus program anda menemukan virus, anda tinggal mengikuti petunjuk untuk mengkarantina, membersihkan, atau menghapus file yang terinfeksi.

e. Restart komputer anda .

Help desk

Untuk pertanyaan silahkan email ke PPSI@ui.ac.id