Firewall

Memelihara Windows Security

Halaman ini mendukung informasi bagi pengguna Windows, untuk informasi umum pada langkah2 security dan pencegahan. Untuk informasi umum , silahkan kembali ke Gamabaran umum keamanan.

Mengecek security update secara otomatis (Windows XP)

PPSI merekomendasikan anda untuk selalu mengupdate setiap seminggu sekali. Untuk update yang terbaru, klik Windows Update atau Microsoft download center. (untuk mengakses link update windows, gunakan Internet Explorer).

  1. Dari menu start, pilih control panel
  2. Double-klik Automatic Updates. Jendela Automatic updates akan muncul. Catatan : Yakinkan anda melihat control panel anda dalam klasik view, dalam category view anda tidak akan bisa menemukan ikon automatic updates.
  3. Buktikan Automatic (recommended) option di klik. Jika tidak, artinya keamanan komputer anda sudah lewat tanggalnya.



Mengecek security update secara otomatis (Windows Vista)

  1. Dari strat menu, pilih control panel, lalu windows update. Maka jendela windows update akan muncul
  2. Buktikan updatenya.


    Catatan : Layar Windows Update akan sedikit berubah berdasarkan edisi
    (Home, Ultimate,atau Enterprise) yang anda pakai.



Mengetes Keamanan Komputer anda

Microsoft Baseline Security Analyzer adalah program yang memastikan semua yang diupdate di komputer anda tidak ada kekurangannya dan tidak ada kemanan yang cacat. PPSI merekomendasikan untuk membuka program yang diperlukan untuk di scan di komputer anda.

Menggunakan Firewall

Sistem Operasi Windows di rancang untuk bekerja dilingkungan network. Sistem Operasi Windows dibuat sedemikian rupa, menyerupai server sehingga tidak dapat dimatikan. Window XP juga dibuat dengan firewall didalamnya, atau anda bisa menggunakan salah satunya, selama salah satunya mengikutsertakan program Symantec Client Security.

Menghidupkan Firewall di Windows XP dan Windows Vista.

  1. Dari menu Start , pilih Control Panel lalu Windows Firewall
  2. Yakinkan sudah memilih ONCatatan: Bila tidah memilih on, berarti keamanan anda sudah kadarluasa, dan anda harus mendownload Service Pack 2
  3. Klik OK


Komputer network mudah untuk terkena virus, instruksi-instruksi yang tidak diinginkan yang dibuat oleh haker, worms yang menyebar sendiri masuk ke komputer anda melalui port network. Firewall mencegah hal tersebut dengan memblok port network yang tidak digunakan.

Windows Xp sudah mempunyai firewall. Lihat halaman windows security untuk instruksi bagaimana menjalankan firewall di Windows Firewall. Anda bisa menemukan informasi tambahan tentang firewall lihat halaman Pertanyaan tentang PPSI.

Help Desk

Untuk pertanyaan , silahkan kontak Costumer Support center dengan mengirim email ke PPSI@ui.ac.id