Help Web Mail

Halaman ini berisikan topik yang biasanya ditemukan selama menggunakan web Universitas Indonesia. Untuk konfigurasi umum dan spesifik email client, lihat halaman email client help


Alamat Email

Bentuk umum dari format alamat email adalah username@ui.ac.id. Bentuk umum alamat email ini terdiri dari beberapa bagian :

1. Username adalah account nama atau alias email
2. Domain adalah nama unik yang mengidentifikasi network.

Untuk contoh prabowo@.ui.ac.id , maka akan menjadi user dengan account prabowo,dengan ui.ac.id adalah domainnya.

PROTOKOL EMAIL : Perbedaan IMAP dan POP

Kebanyakan email client mendukung dua protokol email POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). Pengguna mungkin memilih salah satu antara POP dan IMAP untuk email client mereka, PPSI sangat menyarankan untuk menggunakan IMAP dan konfigurasi dokumentasi yang hanya mendukung protokol IMAP ini. Perbedaan antara kedua protocol ini akan dibahas dibawah ini.

Protokol POP dibuat untuk orang yang mengakses email mereka hanya menggunakan satu mesin. Ketika terkoneksi dengan email server, POP biasanya akan mendownload semua pesan di lokal mesin, kecuali jika dikonfigurasikan tidak untuk melakukannya oleh sebab itu, akan menghapus pesan dari sistem email anda. POP berguna bagi email system yang memberikan pengguna tempat penyimpanan yang sangat terbatas untuk email dan tidak akan mungkin pengguna bisa mendownload semua pesan dalam waktu yang sama.

IMAP dibuat agar meninggalkan duplikat email di email server, dan membolehkan pengguna memeriksa pesannya dari berbagai lokasi. Ketika pengguna mengecek email mereka, hanya header pesan yang awalnya di download, isi pesan dapat di download bila pengguna membuka pesan khusus.

Karena IMAP client tidak mendownload keseluruhan pesan pada awalnya, protokol ini sangat baik bagi para pengguna yang koneksi internetnya tidak baik. Juga, karena pesan ditinggalkan di email server, ada kemungkinan jika pesan terhapus secara tidak sengaja bisa kembali karena adanya pesan yang tersimpan di server ( tidak seperti POP yang tidak menawarkan window yang besar untuk menyimpan pesan, yang waktu antara menerima pesan dan pemindahan sangat kecil).

Kedua protokol memperbolehkan pengguna untuk mengatur pesan ke dalam folder. Folder POP disimpan di lokal mesin secara lokal dan dibatasi ruang penyimpanannya di lokal mesin. Folder IMAP walaupun dibatasi oleh quota-quota penyimpanan menawarkan portabilitas yang sangat baik, bisa tersedia dari client apapun yang bisa mengakses email tersebut.

Email client bisa dikonfigurasikan menggunakan Protokol POP untuk memeriksa secara umum mengikuti bagaimana anda mengatur waktu seberapa sering program email memeriksa server untuk pesan baru. Karena permintaan yang besar ke email sistem, PPSI memberikan batas jumlah koneksi POP untuk klien khusus manapun bisa membuat 1 koneksi setipa 10 menit.


Dokumen ini berisi penjelasan berupa instruksi-instruksi untuk memeriksa dan menyesuaikan Interval POP Client

EUDORA (Windows)


Untuk memeriksa POP interval :


- Di menu Tools, pilih Options

- Klik check email. Jika belum di atur, atur nilai di table Check for mail every menjadi 10 atau lebih




EUDORA (MAC)


Untuk memeriksa POP interval :


- Dari Menu Special, pilih setting

- Klik Checking mail



- Jika belum diatur, tukar nilainya di Check Email Every menjadi 10 atau lebih

OUTLOOK EXPRESS


Untuk memeriksa POP interval :


- Dari menu Tools, pilih option dan klik tab general



- Jika belum dipilih, ubah nilai Check for new messages every menjadi 10

OUTLOOK 2003 dan 2007


Untuk memeriksa POP interval :


- Dari menu tools, menunjuk ke send/receive dan klik Define Send/Receive Groups.

- Di bagian Group Name, klik grup All Accounts

- Di bagin Setting for group "All Accounts", klik Schedule an automatic send/receive for 10 minutes. Anda bisa mengisi angka antara 1 sampai 1440



- Jika belum diatur, ubah nilai Check for new messages every menjadi 10 atau lebih

Netscape 6.X


Untuk memeriksa POP interval di mail dan newsgroup:


- Dari menu Edit, pilih Mail & Newsgroups Account Settings.



- Pilih Server Settings. Jika belum diatur, ubah nilai Check for new messages every menjadi 10 atau lebih


Help Desk


PPSI tidak mendukung penggunaan Protokol POP email client. Petunjuk ini disediakan untuk memberitahukan pengguna POP client ketika menerima peringatan penggunaan yang berlebihan.