Keamanan Windows XP

Gambaran Security

Komputer Security sangat penting utuk semua komputer. Pelayanan teknologi informasi menggalakkan semua pengguna menginstall dan mengelola security software.

Untuk melindungi komputer anda dari virus, worms, percobaan haking, pencurian data, PPSI merekomendasikan anda untuk mengikuti peraturan dibawah ini. PPSI akan memblok akses jaringan terhadap user yg mencurigakan dan mengancam keamanan jaringan . Jika akses network anda sudah diblok , anda akan membutuhkan pemecahan masalah dan meminta keamanan yang relevan umtuk memperbaiki akses.

Memelihara security selalu update.Microsoft merilis keamanan yang selalu update dalam jangka waktu tertentu untuk sistem operasi yang mereka buat (Windows) . Anda bisa mengecek update keamanan seminggu sekali. Anda juga bisa mengkonfigurasikan system anda untuk mengecek update secara otomatis. Lihat keamanan Windows untuk informasi konfigurasi system anda.

Memelihara security selalu update. Microsoft merilis keamanan yang selalu update dalam jangka waktu tertentu untuk sistem operasi yang mereka buat (Windows) . Anda bisa mengecek update keamanan seminggu sekali. Anda juga bisa mengkonfigurasikan system anda untuk mengecek update secara otomatis. Lihat keamanan Windows untuk informasi konfigurasi system anda.

Install dan selalu update antivirus anda. PPSI menyediakan antivirus software gratis untuk pengguna account UI,anda bisa mendapatkan dihalaman download software. Jika anda sudah mempunyai program antivirus, jangan mendownload salah satunya karena akan berlawanan satu dengan yang lainnya. PPSI menyediakan informasi tentang menginstall dan merawat antivirus anda Symantec Antivirus (Windows).

Tentang Spyware

Program spyware adalah program jahat yang menginstall dirinya sendiri ke computer ketika anda sedang memakai internet dan mendownload software. Sewaktu-waktu di komputer anda, spyware dapat mengakses file anda, mengumpulkan data pribadi, memantau website-website yang anda buka, dan memindahkan data diluar internet. Serangan spyware mengakibatkan lambatnya kinerja komputer, kerap kali menyebabkan kerusakan komputer, dan sangat susah untuk mengakses internet.

Cara terbaik untuk melindungi komputer anda teliti sebelum menginstall suatu program. Disarankan anda mendownload dan mengistall program dari vendor yang sudah terjamin.

Menghapus spyware

Jika anda mendapati spyware ada di komputer anda, ada banyak cara untuk menghilangkan spyware tersebut. Bagaimana pun juga, proses penghapusan spyware dapat mengganggu network dan penyalah gunaan fungsi software serta dapat mengganggu windows dari mulai pertama dioperasikan. Berdasarkan kompleksitas dan rumitnya proses, PPSI tidak mendukung dan menyediakan penghapus spyware.

Ad-Aware dan Spy-Bot S&D adalah program penghapus spyware. Jika anda memeutuskan untuk memakai salah satu cara itu, PPSI sangat menyarankan anda untuk mem backup komputer anda terlebih dahulu. Proram tersebut akan melakukan scan klomputer anda dari spyware dan akan terbaharui secara berkala. PPSI menyarankan anda untuk mem backup/mengkarantinakan ciri dari program tersebut bila mengunakan lebih dari satu program penghapusan spyware.

Help Desk

Untuk pertanyaan , silahkan kontak Costumer Support center dengan mengirim email ke PPSI@ui.ac.id