Layanan Web

Daftar Sistem Informasi berbasis web :

1. DMS (Document Management System)

2. EDOM (Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa)

3. EIS (Executive Information System)

4. SIAK NG (Sistem Informasi Akademik Next Generation)

5. SIRIP (Sistem Informasi Riset dan Pengabdian Masyarakat)

6. SIMAF (Sistem Informasi Manajemen Aset dan Fasilitas)

7. SK034 (Evaluasi SK Dirjen nomor SK-034/Dikti/Kep/2002)

8. WEB PERSONAL DOSEN

9. CLR(Center Learning Resources)

10 ITTC(Information Technology Training Center)

11 SIPEG (Sistem informasi kepegawaian)

12 HAKI (siyanki) (Sistem informasi pelayanan haki)

13 LOG BOOK (Sistem informasi log book)

14 SI BP

15 Host2host

16 SI Kerjasama

17 SI PMB

18 SI LONTAR

19 SI PERPUSTAKAAN

20 SI Kerjasama

21 SI PMB

22 SI LONTAR

23 SI BP

24 e-Learning

25 Sistem Informasi Remote Laboratory

26 Penerimaan Mahasiswa Baru

27 Repository UI

28 SI BP

29 Sistem Informasi Penjaminan Mutu Akademik

30 Sistem Prestasi Mahaiswa

31 Penerimaan Mahasiswa Baru

32 Repository UI

33 Pendaftaran Wisuda Online

34 Repository UI

35 Gelar Doktor Kehormatan Universitas Indonesia

36 SmartCard UI

37 Repository UI

38 Gelar Doktor Kehormatan Universitas Indonesia

39 Single Sign-On






DMS

1.1 Sekilas Pandang

Dalam kegiatan organisasi tak lepas dari surat-menyurat dan dokumen sebagai pendukung vital pelaksanaan tugas, baik yang diciptakan maupun yang diterima. Surat dan dokumen yang disebut arsip tersebut merupakan bahan kerja dalam rangka pencapaian tujuan.
Tata kearsipan yang sempurna apabila semua surat dan dokumen-dokumen lainnya tersimpan pada suatu tempat tertentu dan teratur rapi, serta dapat dengan mudah ditemukan kembali walau surat-surat tersebut telah tersimpan lama. Pengarsipan yang baik sangat berguna, terutama membantu kelancaran dan kerapian suatu instansi pada khususnya,serta membantu perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya.
Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat mendorong kita untuk senantiasa mengiringi pesatnya teknologi. Satu-persatu suatu instansi telah memulai menggunakan sistem komputerisasi dalam mendukung proses komunikasi dan pengarsipan, yaitu dengan membuat aplikasi mengenai proses surat masuk dan surat keluar, sehingga dapat mempermudah dan mempercepat dalam pengolahan data serta mendapatkan informasi yang akurat atau pencarian data yang cepat.

1.2 Latar Belakang Permasalahan


Surat dalam bentuk kertas merupakan media yang utama dalam berkomunikasi di lingkungan Universitas Indonesia. Dalam pengiriman surat tersebut membutuhkan banyak waktu, sehingga informasi yang diterima kadang mengalami keterlambatan. Serta para pimpinan sulit untuk melacak keberadaan surat dan status surat yang dikirimkan tersebut.
Untuk kegiatan pengarsipannya sendiri surat masuk dan surat keluar di Universitas Indonesia masih dilakukan secara manual yaitu dicatat dalam sebuah buku. Hal tersebut mengakibatkan surat baik yang masuk dan keluar sering terlambat diproses. Sedangkan untuk berkas-berkas surat telah tersimpan dan tertata rapi akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu berkas-berkas surat tersebut semakin menumpuk, hal tersebut tentunya akan memakan tempat, waktu serta tenaga yang besar dalam pengolahannya.
Dibutuhkan suatu sistem yang dapat menangani masalah tersebut, hal ini dapat dilakukan dengan komputerisasi proses kepengurusan surat yaitu dengan membangun sebuah sistem kepengurusan terpadu. Suatu sistem yang dapat membantu pengelolaan surat-menyurat dan kepengurusan pengarsipan surat untuk mempermudah dan mempercepat proses pengolahan surat yang ada.

1.3 Tujuan Proyek


Tujuan dari proyek ini adalah untuk mendukung kelancaran proses komunikasi dan pengarsipan surat yang masuk atau keluar dan menghindari keterlambatan informasi dan kesalahan yang terjadi karena proses manual, maka sekarang ini telah dikembangkan suatu sistem yaitu Sistem Manajemen Surat (SMS). Sistem tersebut akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


1. Menyediakan media disposisi dan eskalasi, agar surat bisa segera ditindak lanjuti.

2. Dapat menelusuri keberadaan surat yang dikirim dan mengetahui status surat.

3. Mempermudah dan mempercepat dalam pengolahan data serta mendapatkan informasi yang akurat atau pencarian data yang cepat.

4. Tertib administrasi, data surat masuk dan surat keluar dapat diolah dan disimpan dalam database dengan rapi.

1.4 Ruang Lingkup


Sistem Manajemen Surat yang dikembangkan saat ini didesain untuk membantu kelancaran komunikasi di lingkungan Universitas Indonesia dan memaksimalkan efisiensi kerja dan produktivitas pegawai yang menangani pengarsipan surat dengan menyediakan tool untuk membantu otomatisasi pencatatan surat masuk dan surat keluar yang semula dilakukan secara manual.Halaman Atas




EDOM

1.1 Sekilas Pandang

Di dalam Pasal 1 Butir 5 dan 6 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU. Sisdiknas), dinyatakan bahwa tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor pamong belajar, widyaswara, tutor, instrukutr, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Di lingkungan pendidikan tinggi, tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai pendidik disebut dosen.
Dosen adalah manajer (pemimpin) Proses Belajar Mengajar. Agar mampu mengelola (memimpin) PBM, dosen harus benar-benar mampu menguasai:


1. Bidang ilmu yang menjadi keahliannya.

2. Perencanaan dan penyajian (metode) perkuliahan dan evaluasi.

3. Prinsip-prinsip Manajemen Mutu Terpadu, terutama prinsip filosofi pendidikan dan pemahaman tentang mutu.

Kemampuan (kompetensi) inilah setidaknya yang menjadi standar mutu dosen. Selain itu evaluasi kinerja terhadap dosen dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pendidikan terkait dengan proses perkuliahan, yakni dosen harus memenuhi kehadiran salama satu semester minimal 75% (12 kali pertemuan) untuk dapat memberikan pengujian terhadap mata kuliah yang diampu. Kaitannya dengan kinerja pengajaran, evaluasi dosen juga dilakukan setiap akhir semester kuliah, terutama terkait dengan kehadiran, kesesuaian materi yang diajarkan dengan silabus, kemampuan menjawab pertanyaan dari mahasiswa dan penguasaan materi.

1.2 Latar Belakang Permasalahan


Posisi dan peranan dosen sebagai pejabat fungsional sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu dan standarisasi mutu Perguruan Tinggi khususnya mutu Proses Belajar Mengajar. Untuk menjaga mutu pendidikan, di suatu Perguruan Tinggi harus dirumuskan standar tenaga kependidikan. Standar tersebut harus ditingkatkan secara terus menerus dari waktu ke waktu, sehingga standar tersebut berkembang secara berkelanjutan. Semakin tinggi standar SDM yang ditetapkan, semakin bermutu kondisi dosen. Salah satu komponen dalam usaha peningkatan standar kualitas dosen yaitu dengan melakukan evaluasi langsung dari mahasiswa terhadap dosen pengampunya.
Selama ini Universitas Indonesia telah berusaha untuk melaksanakan program evaluasi guna peningkatan mutu pendidikan tersebut dengan menggunakan program Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) yaitu sebuah instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester yang dilakukan secara manual dengan membagikan formulir EDOM kepada setiap mahasiswa. Akan tetapi program tersebut masih belum bisa mengakomodasi keinginan Universitas Indonesia.
Melihat kondisi di atas, maka dibutuhkan pengintegrasian dan pengembangan sistem informasi yang dapat menyajikan hasil evaluasi secara efektif dan efesien serta tepat sasaran.

1.3 Tujuan Proyek


Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengatasi kelemahan dan kekurangan program yang digunakan sebelumnya yaitu program Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) dengan merancang dan membangun sistem baru yaitu Sistem Informasi Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa secara Online (EDOM Online). Sistem tersebut akan memiliki ciri -ciri sebagai berikut:


1. Pengisian EDOM dilakukan sebagai syarat untuk assign perolehan nilai tiap mahasiswa di SIAK-NG

2. Data hasil olahan EDOM dapat dimanfaatkan bagi pengelola pendidikan di tingkat Universitas, Fakultas dan Departemen sesuai kebutuhan dan lingkup tanggungjawab masing-masing.

3. Pengelolaan data dan informasi yang lebih efektif dan efisien dimana sistem pelaporan dapat dilakukan setiap saat bergantung kebutuhan.

4. Memiliki kesesuaian rancangan dan fasilitas untuk berinteraksi secara transparan dengan subsistem-subsistem lain dalam sistem informasi Universitas Indonesia.

1.4 Ruang Lingkup


Sistem Informasi Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa secara Online yang dikembangkan saat ini akan digunakan untuk membantu proses peningkatan standar proses belajar mengajar dan peningkatan mutu pendidikan. Serta dosen dapat mengetahui langsung tingkat keberhasilan dalam menyampaikan mata kuliah yang diampu, sehingga dapat segera dilakukan perbaikan cara pengajaran. Halaman Atas




EIS

1. PENDAHULUAN

Universitas Indonesia sudah dan sedang mengembangkan aplikasi sistem informasi manajemen untuk menangani data akademik, aset, sumberdaya manusia, keuangan, kemahasiswaan dan alumni, penjaminan mutu akademik, serta kepustakaan. Untuk makin mendayagunakan sumberdaya aplikasi yang dimiliki, khususnya untuk menunjang proses pengambilan keputusan oleh manajemen, Universitas Indonesia membangun data warehouse di mana di atas data warehouse ini akan berjalan aplikasi Executive Information System (EIS) serta di masa datang juga akan dibangun aplikasi Sistem Penunjang Pengambilan Keputusan (Decision Support System/DSS).

Dokumen ini berisikan analisis dan perancangan sistem informasi eksekutif universitas indonesia. Pembahasan di dalamnya mencakup skema datawarehouse, penjelasan table, dan process model serta query-query dalam membangun proses drilldown. Halaman Atas




SIAK NG

1. SEKILAS PANDANG

Aplikasi Sistem Informasi Akademik Next Generation (SIAK-NG) adalah aplikasi yang berbasiskan web yang digunakan untuk membantu menunjang kegiatan akademik di Universitas Indonesia. Aplikasi ini bersifat online dan dapat diakses oleh pengguna Mahasiswa yang terhubung ke jaringan Internet sehingga pengguna Mahasiswa dapat menggunakan aplikasi ini dari mana saja dan kapan saja. SIAKNG juga mengintegrasikan proses bisnis dari semua fakultas di Universitas Indonesia sehingga memudahkan proses pemantauan.

SIAK-NG memiliki 4 kategori pengguna, yaitu :


o Penyelenggara Pendidikan (Sub Bagian Akademik)

o Mahasiswa

o Dosen

o Direktorat Pendidikan

Dimana setiap pengguna dapat saja memiliki lebih dari 1 peran pada lebih dari satu program studi yang berbeda dengan hanya menggunakan 1 account untuk mengakses.




SIRIP

1.1 Sekilas Pandang

Sains, ilmuwan, riset dan pendidikan merupakan hal yang sangat berkaitan erat. Aktivitas riset di Universitas merupakan tulang punggung pengembangan keilmuan, baik dalam lingkup lokal maupun global. Hal tersebut merupakan kerja akademis yang berorientasi pada investasi jangka panjang.
Dalam Pengembangan riset saat ini dihadapkan pada suatu tantangan yang menghadang di depan mata yaitu globalisasi. Kompetisi yang bekerja secara global memaksa Universitas memacu kegiatan riset oleh sumber daya yang dimilikinya. Sebab, kuantitas dan kualitas riset sekarang menjadi ukuran penting bagi akreditas Universitas dimata Internasional.
Universitas Indonesia melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) berusaha mewujudakan pencapaian visi UI yang diakui sebagai Universitas riset yang merupakan pusat unggulan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

1.2 Latar Belakang Permasalahan


DRPM UI merupakan unit pelaksana manajemen yang memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan riset dan pengabdian sivitas akademik UI kepada masyarakat. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang handal untuk mengefektifkan dan mengefesiensikan proses pelaksanaan riset.
Selama ini pihak DRPM dalam memberikan pelayanan kepada para periset baik periset dari UI maupun dari luar UI dilakukan langsung melalui kantor DRPM. Akan tetapi hal tersebut dirasakan kurang efektif dan efisien karena untuk para periset setiap saat harus mendatangi kantor DRPM untuk memenuhi kewajiban administratif.
Dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengakomodasikan semua proses bisnis yang terjadi antara fasilitator (DRPM) dengan peneliti-peneliti. Untuk dapat menerapkan sebuah sistem informasi yang menyeluruh tersebut, dibutuhkan sebuah analisa mendalam mengenai kebutuhan yang diperlukan.

1.3 Tujuan Proyek


Tujuan dari proyek ini adalah untuk mendukung kelancaran proses riset dan dalam upaya peningkatan layanan DRPM kepada peneliti maka sekarang ini telah dikembangkan sistem informasi yang handal yaitu Sistem Informasi Riset dan Pengabdian Masyarakat (SIRIP). Sistem tersebut akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


1. Tertib administrasi, seluruh data tercatat dengan baik, proses pengelolaan data cepat dan terpusat.

2. Pelayanan kepada para peneliti yang berhubungan dengan kewajiban administratif dapat dilakukan secara online.

3. Pengelolaan data dan informasi yang lebih efektif dan efisien .

4. Memiliki kesesuaian rancangan dan fasilitas untuk berinteraksi secara transparan dengan subsistem- subsistem lain dalam sistem informasi Universitas Indonesia.

1.4 Ruang Lingkup


Sistem Informasi Riset dan Pengabdian Masyarakat yang dikembangkan saat ini akan digunakan untuk membantu kelancaran proses bisnis kegiatan riset para peneliti yang berasal dari UI maupun dari luar UI. Selain itu sistem tersebut juga berhubungan dengan sistem lain yang dimiliki oleh universitas yaitu sistem kepegawaian dan sistem informasi eksekutif.Halaman Atas




SIMAF

1.1 Sekilas Pandang

Manajemen aset adalah bagian atau komponen dari Lembaga/Departemen yang memberdayakan aset tetap yang dimiliki sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Lemahnya pengelolaan aset akan menyebabkan terbengkalainya aset-aset yang dimiliki bahkan cenderung membebankan anggaran yang telah ditetapkan.
Sistem Informasi Manajemen Aset dan Fasilitas (SIMAF) adalah sebuah sistem informasi yang berfungsi untuk menangani pengaturan aset dan fasilitas dengan jumlah yang banyak dan tersebar secara terpusat dan memudahkan dalam pengelolaan data-data seluruh aset tetap yang dimiliki oleh Universitas Indonesia.

1.2 Latar Belakang Permasalahan


Universitas Indonesia memiliki dua lokasi kampus yang berbeda yaitu kampus UI salemba yang berlokasi di Jakarta Pusat dan kampus baru UI Depok. Masing-masing kampus memilki aset dan fasiltas yang difungsikan untuk menunjang terselenggaranya kegiatan pendidikan. Guna memelihara dan mengoptimalkan pemanfaatan seluruh aset dan fasilitas yang dimiliki maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang handal.
Selama ini Universitas Indonesia telah berusaha untuk mengembangkan sistem informasi guna pengelolaan aset dan fasilitas tersebut yaitu menggunakan progarm Sistem Akuntansi Kuasa Pengguna Barang (SAKPB) dan Sistem Akuntansi Barang Milik Negara (SABMN), yaitu sebuah program mandiri yang menyimpan data pada masing - masing komputer pada seluruh organisasi di bawah naungan UI. Akan tetapi sistem tersebut masih belum bisa mengakomodasi keinginan Universitas Indonesia.
Melihat kondisi di atas, maka dibutuhkan pengintegrasian dan pengembangan sistem informasi yang dapat mengelola dan mengontrol seluruh potensi aset dan fasilitas yang dimiliki oleh Universitas Indonesia.

1.3 Tujuan Proyek


Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengatasi kelemahan dan kekurangan sistem yang digunakan saat ini yaitu Sistem Akuntansi Kuasa Pengguna Barang (SAKPB) dan Sistem Akuntansi Barang Milik Negara (SABMN), dengan merancang dan membangun sistem baru yaitu Sistem Informasi Managemen Aset dan Fasilitas (SIMAF-NG). Sistem tersebut akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


1. Tertib Administrasi, Seluruh data aset tercatat dengan baik, manageable, up-to-date (selalu terbarukan), proses pengelolaan data cepat dan terpusat

2. Manajemen pemeliharaan dan kewajiban terhadap aset

3. Pengelolaan data dan informasi yang lebih efektif dan efisien dimana sistem pelaporan dapat dilakukan setiap saat bergantung kebutuhan

4. Memiliki kesesuaian rancangan dan fasilitas untuk berinteraksi secara transparan dengan subsistem- subsistem lain dalam sistem informasi Universitas Indonesia.

1.4 Ruang Lingkup


Sistem informasi aset dan fasilitas yang dikembangkan saat ini akan digunakan untuk membantu para eksekutif Universitas Indonesia guna:


" Memudahkan untuk pengambilan keputusan atas aset (misal untuk kepentingan utilitas, penataan kawasan).

" Memudahkan dalam analisis aset, sehingga dapat ditentunkan kebijakan terbaik.

" Optimalisasi Nilai dan Jumlah Aset. Proses monitoring terhadap aset lebih optimum (kinerja aset terkontrol), sehingga akan memberikan nilai kemanfaatan atas aset yang selalu tinggi)Halaman Atas




SK034


1.1 Sekilas Pandang

SK-034 atau disebut juga Laporan EPSBED (Evaluasi Penyelenggaraan Program Studi Berdasarkan Evaluasi SK Dirjen nomor SK-034/Dikti/Kep/2002) adalah laporan yang wajib diserahkan kepada Dikti oleh setiap Program Studi Terhitung mulai semester ganjil 2002/2003 atau sejak awal berdiri.
SK-034 dilaksanakan oleh seluruh fakultas/program studi yang telah memiliki ijin Dikti. SK-034 memiliki peranan yang sangat penting bagi Universitas Indonesia untuk menjaga kulaitas/mutu pendidikan karena SK-034/EPSBED merupakan basis data penjamin mutu pendidikan.Basis data ini digunakan oleh Perguruan Tinggi secara internal dalam rangka pelaksanaan Quality Assurance. Basis data juga digunakan untuk penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi baik oleh BAN-PT maupun Badan Akreditasi lainnya. SK-034 juga memiliki fungsi lain yaitu:


1. Merupakan prasyarat untuk pengajuan kompetisi hibah bersaing dalam bidang penelitian dan bantuan pemerintah lainnya

2. Untuk pengajuan permohonan pembukaan Program Studi baru

1.2 Latar Belakang Permasalahan


Universitas Indonesia merupakan univeristas yang sangat diperhitungkan karena termasuk universitas yang memiliki taraf internasional. Hal tersebut dapat dicapai tak lepas dari peranan seluruh komponen yang terkait dalam aktivitas kampus.Untuk meningkatkan atau tetap menjaga kualitas pendidikan yang telah dicapai maka setiap term-nya terus dilakukan evaluasi.
Selama ini pihak universitas maupun masing-masing fakultas (di Universitas Indonesia memiliki dua belas falkultas dan saru program pasca sarjana) telah membuat laporan evaluasi tetapi pembuatannya belum terorganisir secara sistem. Dari bagian penyelenggara program studi masing-masing fakultas menyerahkan laporannya ke pusat, barulah pusat melakukan proses penyatuan data yang nantinya diserahkan ke Dikti. Hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama karena bagian penyelengara program studi pusat harus melakukan validasi sebelum laporan SK034 diserahkan ke Dikti.
Melihat kondisi di atas, maka dibutuhkan pengintegrasian dan pengembangan sistem informasi yang dapat mengorganisir seluruh proses bisnis yang terjadi di universitas maupun di setiap fakultas yang berkaitan dengan kegiatan program studi.

1.3 Tujuan Proyek

Tujuan dari proyek ini adalah untuk membangun sistem evaluasi yang lebih terorganisir dengan membangun sistem yang baru (SK034 EVALUASI PROGRAM STUDI). Sistem tersebut akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


1. Mendukung integrasi Universitas Indonesia malalui pengelolaan data seluruh komponen yang mendukung proses bisnis di Universitas Indonesia.

2. Memungkinkan sub bagian program studi dapat mengakses dan meng-update data yang kurang valid.

3. Mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pembuatan laporan evaluasi yang akan diserahkan ke Dikti.

4. Memiliki kesesuaian rancangan dan fasilitas untuk berinteraksi secara transparan dengan subsistem- subsistem lain dalam sistem informasi Universitas Indonesia.

1.4 Ruang Lingkup

Sistem Informasi yang akan kami kembangkan akan digunakan untuk mempermudah dan mempercepat jalannya proses pembuatan laporan evaluasi program studi dari dua belas fakultas/program studi dan satu program pascasarjana yang dimiliki Universitas Indonesia. Sistem juga dapat memberikan informasi kepada sub bagian program studi jumlah data yang belum valid dan saat itu juga dapat melakukan proses perbaikan data.Halaman Atas




WEB PERSONAL DOSEN

1.1 Sekilas Pandang

Teknik perangkingan universitas di dunia ada berbagai versi, dan saat ini yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak insan pendidikan adalah perangkingan versi webometrics. Penilaian webometrics mengarah kepada penggunaan dan pemanfaatan sains dan teknologi yang ada di perguruan tinggi dunia melalui intermet.
Pelopor perangkingan universitas versi Webometrics ini adalah Cybermetrics Lab, sebuah group penelitian dari Centro de Información y Documentación (CINDOC), menggunakan empat kriteria untuk menentukan rangking sebuah universitas, yaitu: Visibility (V), Size (S), Rich Files (R) dan Scholar (Sc). Perumusannya adalah sebagai berikut :

Formula diatas mengalami revisi pada Januari 2008 menjadi: Visibility (eksternal inlinks) = 50%, Size (web pages) = 20%, Rich Files = 15%, dan Scholar = 15%.
Untuk meningkatkan peringkat webometrics kuncinya adalah bagaimana universitas menyediakan konten (scientifik paper) yang dishare ke publik, diindeks di mesin pencari, dan sedikit kepintaran universitas memainkan Search Engine Optimization (SEO) untuk mengarahkan mesin pencari ke situs universitas (http://romisatriawahono.net)

1.2 Latar Belakang Permasalahan


Sejak era web 2.0 dan tersedianya sarana dan prasarana untuk akses dan penyediaan informasi, setiap sivitas akademika dituntut untuk mampu menyediakan data, informasi dan segala sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang lain untuk dapat dimanfaatkan dan diacu. Dengan adanya bandwidth yang semakin besar, penilaian suatu institusi pendidikan mencakup jumlah rich file (dalam bentuk .ppt, .pdf, dan .doc) yang dapat disediakan sivitas akademika di website yang berada pada rumpun web universitas.
Kebutuhan untuk meningkatkan ranking webometrics UI tersebut tidak dapat terpenuhi secara langsung mengingat berbagai keterbatasan yang ada. Berbagai standar internasional membutuhkan partisipasi, usaha dan tenaga seluruh dosen untuk menerapkan sistem yang ada. Recognition kita didunia internasional, terutama untuk hasil karya akademis seperti di google scholar dan research jurnal/international conference yang bertaraf tinggi, sangat diperlukan. Kesadaran untuk bersama-sama menjadi referensi pendidikan ditaraf nasional dan internasional sangat diharapkan.
Memperhatikan hal tersebut, Universitas Indonesia menganggap perlu tersedianya weblog dimana para dosen, mahasiswa dan sivitas akademika dapat memasukkan konten yang berada dalam domain Universitas Indonesia (www.ui.ac.id).

1.3 Tujuan Proyek


Tujuan proyek ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi berbasis web yang disebut sebagai "Web Personal Dosen". Sistem aplikasi ini merupakan sistem yang akan mengambil lingkungan Universitas Indonesia (UI) sebagai studi kasus. Web ini akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


1. Sebagai media untuk memfasilitasi seluruh dosen dilingkungan Universitas Indonesia dalam mempublikasikan file-file material dan fie-file karya ilmiah yang telah dihasilkan oleh dosen.

2. Penyediaan infrastruktur berupa tempat penyimpanan hasil karya sivitas akademika dalam bentuk file .pdf dan .html akan membantu kerapihan penyimpanan data hasil karya dari masing-masing individu.

3. Diharapkan acuan yang merefer ke website ini juga akan semakin banyak. Hal-hal yang akan dicakup adalah bidang publikasi, dan material yang dapat di upload.

4. Memiliki kesesuaian rancangan dan fasilitas untuk berinteraksi secara transparan dengan subsistem- subsistem lain dalam sistem informasi Universitas Indonesia.

1.4 Ruang Lingkup


Web Personal Dosen yang dikembangkan saat ini akan digunakan sebagai tempat penyimpanan file-file material dan publikasi ilmiah sivitas akademika sehingga dapat membantu kerapihan penyimpanan data hasil karya masing-masing individu. Serta dosen dapat memberikan informasi mengenai materi dan hasil karya yang telah dihasilkan, biografi dan riwayat pendidikan.Halaman Atas




CLR

Center for Learning Resources merupakan unit di UI yang melayani pengembangan konten pembelajaran berbasis Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK), e-Learning serta layanan video conference baik untuk kalangan internal maupun eksternal Universitas Indonesia.

Sebagai suatu institusi unggulan nasional, Universitas Indonesia memegang peran penting di dalam akuisisi, diseminasi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Hal ini menjadikan Information and Communication Technology (ICT) sebagai suatu faktor utama bagi UI untuk menjaga peran tersebut.

Sejalan dengan rencana strategis pengembangan ICT di Universitas Indonesia serta sebagai kelanjutan dari kegiatan Center for Learning Resources (CLR) DUE-Like UI, maka unit Pelayanan & Pengembangan Sumberdaya Pembelajaran (PPSP)/ Center for Learning Resources (CLR) UI dibentuk. Hal ini mengingat UI telah berkomitmen untuk menerapkan pendidikan berbasis ICT baik terhadap penyelenggaraan pendidikan dalam kampus maupun bagi mahasiswa di luar kampus.

Adanya infrastruktur yang telah terbangun dan fasilitas yang telah tersedia di lingkungan UI merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung beroperasinya unit PPSP ini. Sebagai contoh adanya IT Training Center (ITTC) dan GDLN merupakan sarana yang sangat terkait dengan pelaksanaan kegiatan di PPSP.

Secara garis besar, tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) Unit PPSP dapat digambarkan sebagai berikut:

Tugas :

  • Mengelola dan mengembangkan kegiatan serta layanan proses pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas
    unit GDLN, ITTC, Huawei Center dan Lab PDPT.

Fungsi :

  • Mengelola kegiatan GDLN, ITTC, Huawei Center dan Lab PDPT
  • Memberikan layanan dan memfasilitasi pengembangan materi serta proses pembelajaran berbasis TIK
  • Halaman Atas




ITTC

Seiring perkembangan dunia Teknologi Informasi yang semakin pesat, Universitas Indonesia menyediakan IT Training Center yang berpusat di gedung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia untuk menjawab kebutuhan tersebut. Training Center ini tersedia di Universitas Indonesia Kampus Depok dan Jakarta Pusat (Jl. Salemba Raya), dengan suasana studi yang dirancang sedemikian rupa sehingga memberi kenyamanan dalam proses belajar.

Dilengkapi fasilitas yang lengkap dan modern, Training Center ini menyediakan serangkaian program pelatihan dengan dipandu para praktisi dari Universitas Indonesia untuk membantu para profesional maupun non-profesional untuk berperan serta dalam perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia.

Dalam perkembangannya, ITTC UI selalu berupaya meningkatkan kemampuan sivitas akademika Universitas Indonesia pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya untuk memperdalam pengetahuan tentang Teknologi Informasi, sehingga kelak masyarakat mampu memajukan dunia Teknologi Informasi di Indonesia. ITTC turut berperan serta dalam menghasilkan sumber daya manusia yang trampil dan siap pakai di bidang Teknologi Informasi yang berstandar nasional maupun internasional.Halaman Atas




SIPEG

Aplikasi SIPEG (Sistem Informasi Kepegawaian) Universitas Indonesia adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menunjang proses administrasi kepegawaian di Universitas Indonesia.SIPEG bertujuan untuk membuat manajemen sumber daya manusia di UI menjadi terintegrasi, terpadu dan reliable dengan cara memberikan potret kondisi kepegawaian terakhir.

Fungsi SIPEG antara lain untuk menunjang dan mempercepat proses promosi pegawai, baik jabatan, pangkat dan gaji. Selain itu SIPEG juga membantu dosen dalam penghitungan angka kredit kumulatif dan merekapitulasi kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. SIPEG membantu penyebaran berita dari pihak Universitas ke Fakultas dan pegawai secara lebih cepat. SIPEG juga memfasilitasi pegawai yang ingin bertanya mengenai proses kepegawaian kepada pihak SDM UI. Halaman Atas





siyanki - SI Pelayanan HAKI

Sistem Pelayanan Hak Kekayaan Intelektual (SIYANKI) dibangun untuk mempermudah proses pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi sivitas akemika UI. Dengan SIYANKI sivitas akademika UI dapat melakukan kegiatan penyiapan pendaftaran HKI atas hasil penelitian berpotensi HKI miliknya secara cepat dan mudah. SIYANKI dikelola oleh kantor pelayanan HKI Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis UI (DKIB UI) bekerjasama dengan PPSI UI.

Sebagai Direktorat yang diberikan wewenang oleh Rektor UI untuk memberikan pelayanan HKI bagi warga UI, melalui SIYANKI, DKIB UI akan membantu sivitas akademika UI untuk melakukan proses pendaftaran HKI kepada pemerintah, yaitu Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Departemen Hukum dan HAM RI dan kerjasama dengan industry yang berminat untuk melakukan pengembangan dan penggunaan HKI sivitas akademika UI. Selain sebagai wadah untuk melayani kegiatan pendaftaran HKI, SIYANKI juga merupakan sistem informasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan berita atau informasi yang terkait mengenai HKI. Halaman Atas





Log book

Tujuan dari sistem ini adalah untuk mendukung kelancaran proses reporting kerja harian oleh individu pegawai serta kemudahan dalam pemantauan oleh pihak-pihak yang berkewenangan serta menghindari keterlambatan informasi yang terjadi karena proses manual, maka sekarang ini telah dikembangkan suatu sistem yaitu LogBook. Sistem tersebut akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menyediakan media untuk individu pegawai mencatatkan kegiatan yang telah dilakukan setiap harinya.
  • Menyediakan media untuk mencatatkan jadwal kegiatan yang akan dilakukan pada hari-hari tertentu.
  • Mempermudah dan mempercepat dalam pemantauan kegiatan individu pegawai.
  • Tertib administrasi, data kegiatan yang tercatat sebelumnya tersimpan dalam database dan setiap saat data tersebut dapat dilihat dan di-print.

Halaman Atas





Sistem Informasi Biaya Pendidikan (SI BP)

SI BP adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola biaya pendidikan Universitas Indonesia. Sistem informasi ini terhubung secara langsung dengan sistem pembayaran Host-to-Host. Pengguna sistem informasi biaya pendidikan adalah Direktorat Keuangan Universitas Indonesia, Deputi Mahalum, Wakil Dekan Non Akademis Fakultas/Program Pascasarjana (PPS), Manajer Mahalum Fakultas/PPS, dan Manajer Keuangan Fakultas/PPS. Fungsi sistem dapat dilakukan seseorang ditentukan oleh hak akses yang dimiliki oleh pengguna. Halaman Atas





Host to Host Payment System

Host to Host adalah sistem pembayaran dimana mahasiswa dapat langsung membayar biaya pendidikannya secara online via ATM atau kanal pembayaran lainnya. Dengan memanfaatkan technology payment switching, proses pembayarannya dapat dilakukan lebih dari 1 bank yang telah bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Pembayaran dapat dilakukan via ATM ( Bank BNI, Bank Permata, Bank Bukopin, Bank Mandiri), Internet Banking ( Bank Mandiri), Teller ( Bank BNI, Bank BTN), Self Service Terminal (SST) (Bank Niaga).
Halaman Atas





e-Journal

Merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas untuk menampilkan seluruh isi jurnal Makara UI. Jurnal Makara merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel tentang pengetahuan dan informasi riset atau aplikasi dan pengembangan riset terkini. Terdapat 4 (empat) jurnal ilmiah yang dikembangkan menurut bidang yakni Makara Seri Sains, Makara Seri Teknologi, Makara Seri Sosial Humaniora dan Makara Seri Kesehatan.

Halaman Atas





Sistem Informasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (silakip)

SILAKIP adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerinath dari setiap Unit Kerja di lingkungan Universitas Indonesia. Pengelola SILAKIP adalah Direktorat Umum dan Fasilitas, Kantor Perencanaan dan Pengembangan, sedangkan pengguna SILAKIP adalah administrator unit kerja yang diberi tugas dan tanggung jawab untuk itu, para Dekan, Direktur, Deputi, Kepala Kantor dan Wakil Dekan Bidang Administrasi.

Halaman Atas





Sistem Informasi Kerjasama (SIKER)

SIKER adalah system informasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola data kerjasama (MOU atau Perjanjian) antara institusi di UI dengan mitra kerjasama. Sistem ini dikelola oleh Kantor Kerjasama dan Internasional.
Halaman Atas





Penerimaan Mahasiswa Baru

Aplikasi Sistem Informasi Penerimaan merupakan suatu aplikasi berbasis web yang berguna untuk menunjang proses administrasi pendaftaran mahasiswa baru yang biasa dilakukan oleh panitia penerimaan. Pada sistem ini mengelola seluruh data yang terkait dengan data pendaftar calon mahasiswa baru dan menampilkan seluruh informasi yang berkaitan dengan proses registrasi dan persyaratannya untuk seluruh jenjang pendidikan yang ada di UI.

Halaman Atas





Library Automation and digital Archives (LONTAR)

LONTAR adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas pencarian berbagai informasi tentang kepustakaan dan buku-buku referensi dari berbagai sumber yang dimiliki oleh Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Pengguna LONTAR adalah para dosen dan mahasiswa Universitas Indonesia

Halaman Atas





Library Automation and digital Archives (LONTAR)

LIB adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan sebagai informasi dan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Pengelola system ini adalah Perpustakaan Pusat UI. Pengguna LIB adalah para dosen dan mahasiswa Universitas Indonesia
Halaman Atas





e-Learning

e-Learning adalah sistem pembelajaran berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh Kantor Pengembangan dan Pelayanan Sumber Daya Pembelajaran. Fasilitas e-Learning yang tersedia antara lain CML (Computer Mediated Learning) dan SCELE (Student Centered E-Learning Environment). Pengguna CML dan SCELE adalah para dosen dan mahasiswa Universitas Indonesia.

Halaman Atas





RLAB

RLAB adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan sebagai informasi kelas praktek laboratorium fisika yang dikelola oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia dan digunakan oleh seluruh mahasiswa program studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam Universitas Indonesia
Halaman Atas


Halaman Atas





Data UI

Data UI adalah sistem penjaringan data berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas pengumpulan data yang dikelola oleh Kantor Perencanaan dan Pengembangan – Sekretaris Universitas. Data Center menampilkan data real kondisi akhir Universitas dalam bentuk grafik. Pengguna data adalah Sekretaris Fakultas dan para Pimpinan di lingkungan Universitas Indonesia

Halaman Atas





Repository UI

Repository UI adalah aplikasi berbasis web yang berguna untuk menampung seluruh dokumen arsip yang dimiliki Universitas Indonesia. Kategori koleksi yang disediakan antara lain: Buku, Jurnal, Abstrak Penelitian, Artikel, Peraturan, Panduan, Laporan, UI-Ana, dan Materi Kuliah.

Halaman Atas





Grid Computing

GRID adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas untuk memberikan informasi kepada seluruh anggota peneliti. Grid Computing Research Group adalah sebuah kelompok penelitian di Fasilkom UI yang memfokuskan penelitiannya pada Grid Computing. Infrastruktur Komputasi Grid yang dibangun di atas INHERENT, dan dapat menjadi media komputasi eksternal seluruh dosen UI.Halaman Atas





Sistem Informasi Penjaminan Mutu Akademik

Aplikasi Sistem Informasi Penjaminan Mutu Akademik merupakan suatu aplikasi berbasis web yang berguna untuk menunjang proses Evaluasi Internal Semester (EVIN) yang merupakan kegiatan Kontrol Mutu (Quality Control) dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Indonesia. Instrumen EVIN semester dirancang berdasarkan kebutuhan UI dalam melihat ketercapaian mutu penyelenggaraan program studi dalam kurun waktu satu semester berdasarkan kriteria dan indikator yang telah ditetapkan. Indikator yang digunakan merujuk kepada Standar Nasional Pendidikan, Komponen Mutu untuk Akreditasi Program Studi oleh BAN PT serta Kriteria Mutu yang dikeluarkan oleh Asean University Network-Quality Assurance (AUN QA).
Halaman Atas





SSistem Prestasi Mahaiswa

Sistem Prestasi Mahasiswa adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk mengadministrasi data non-akademik mahasiswa. Sistem ini digunakan oleh mahasiswa untuk mendapat pengakuan secara resmi dari universitas atas prestasi yang diraihnya, dan digunakan pula oleh universitas untuk talent scouting.

Halaman Atas





Pendaftaran Wisuda Online

Aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Online merupakan suatu aplikasi berbasis web yang berguna untuk menunjang proses administrasi pendaftaran calon wisudawan yang biasa dilakukan oleh panitia wisuda. Pada sistem ini mengelola seluruh data yang terkait dengan data pendaftar calon wisudawan baru dan menampilkan seluruh informasi yang berkaitan dengan proses registrasi dan persyaratannya.

Halaman Atas





Pendaftaran Wisuda Online

Aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Online merupakan suatu aplikasi berbasis web yang berguna untuk menunjang proses administrasi pendaftaran calon wisudawan yang biasa dilakukan oleh panitia wisuda. Pada sistem ini mengelola seluruh data yang terkait dengan data pendaftar calon wisudawan baru dan menampilkan seluruh informasi yang berkaitan dengan proses registrasi dan persyaratannya.

Halaman Atas


Halaman Atas





Gelar Doktor Kehormatan Universitas Indonesia

Gelar Doktor Kehormatan Universitas Indonesia adalah aplikasi berbasis web yang berguna untuk menampilkan informasi yang berkaitan dengan penganugrahan Doktor Kehormatan Universitas Indonesia.
Halaman Atas





SmartCard UI

Merupakan sistem berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas untuk menampilkan informasi yang berkaitan dengan pengembangan dan pemanfaatan aplikasi smartcard sebagai kartu identitas mahasiswa dan staf UI.
Halaman Atas





Single Sign-On

Merupakan sistem berbasis web yang digunakan sebagai fasilitas untuk menampilkan informasi yang berkaitan dengan pengembangan dan pemanfaatan aplikasi smartcard sebagai kartu identitas mahasiswa dan staf UI.
Halaman Atas





Sistem Informasi Alumni

SIA adalah sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk memberikan informasi yang terkait dengan alumni Universitas Indonesia yang dikelola oleh Direktorat Hubungan Alumni UI. Pengguna SIA adalah para mahasiswa dan alumni Universitas Indonesia. Kepada seluruh alumni juga secara gratis diberikan email account xxxx@alumni.ui.ac.id, yang bisa didapatkan dengan menghubungi Direktorat Hubungan Alumni